Muffler Ninja 250R

Posted: 5 January 2011 in Info, Modifikasi

Salam Biker!

Muffler…..! Adalah variasi yg berhubungan dengan fashion dan tenaga (Art dan Power). Artinya tanpa kedua hal tersebut maka muffler akan menjadi sebuah pajangan saja yg belum tentu memberikan nilai tambah buat motor itu sendiri.

Khususnya buat pengguna Ninja 250 yang mau ganti muffler ke dua hal di atas musti menjadi pertimbangan dan sdh barang tentu kualitas dan harga juga musti masuk itungan Bro. Apalagi muffler Ninja 250 masuk kategori berharga mahal, so Brader musti berhati-hati dalam memilih.

Satu tips dari saya adalah suara dan power itu selalu berbanding sejalan, artinya kalo power mau gede secara otomatis suara yg keluar juga musti keras. Jarang sekali muffler dgn suara lembut bs menghasilkan tenaga maksimal.

Muffler terbagi menjadi 3 bagian :

1.       Header

2.       Chamber

3.       Silencer

Material : Stainless

Ke-3 hal itu sangat mempengaruhi performance dari knalpot itu sendiri, besar pipa yg digunakan, panjang pipa itu adalah faktor yang menentukan. Agak susah memang kita membedakan jenis muffler yang bisa memberikan power maksimal karena memang harus menggunakan alat ukur tertentu (dynotest mesin). Kalau fashion atau bentuk itu memang sangat subjectives sifatnya tergantung dari selera masing-masing rider.

Kalau motor masih standar biasanya yang digunakan pipa diameter 34-36mm buat headernya, lalu untuk chambernya atau bagian tengah dimana berfungsi utk mengumpulkan tenaga harus lebih besar diameternya kurang lebih 40-45mm. Panjang leher sampe chamber minimal ½ panjang motor itu sendiri untuk keseimbangan tenaga di putaran bawah, tengah dan atas. Lalu diameter silencer juga usahakan jangan yang pipa saringan dalamnya terlalu besar dan panjangnya sekitar 30cm max.

Lalu ada pertanyaan dari rekan Ninja 250, “Bro gw dh terlanjur beli yg model panjang dan gw ngerasa blm maksimal powernya, apa gw harus ganti yang model pendek ?”. Kendala yang dirasakan adalah pada saat buka tutup gas akselerasi kurang (torsinya kurang padahal sudah jetting), tenaga baru keluar diputaran tengah dan atas. Kalau memang bentuk silencernya bulat maka sebenarnya bs di custom……..

Gw ada sedikit tips dan percobaan. Gw pake Muffler Mugello versi pertamanya R9, dan memang kendala yg dialami tenaga baru terasa di putaran tengah dan atas. Ketika gw kurangi gas dan ngegas lagi terasa lambat ‘dapetnya’. Lalu gw potong bagian silencer dan sisakan sepanjang 22cm. Modif ini gw lakukan tanpa melakukan perubahan di bagian Header dan Chamber, dan hasilnya tenaga lebih spontan ‘dapetnya’. Trus untuk kejar putaran tengah dan atas lakukan jetting lagi dengan menaikkan pilot jet: 40 dan main jet: 100. Dan minta setelan basah. Silahkan mencoba Bro……..

Penulis/foto: NN (Monster 250R Community Depok)/sesio

www.surganyabiker.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s